Siapakah Jama’ah Takfir wal Hijrah ??

20 03 2008

Syaikh Nashir bin Abdul karim al-Aql menjelaskan secara sekilas tentang jama’ah ini sebagai berikut :

 

Jama’ah takfir wal hijrah merupakan bukti keberadaan khawarij pada abad ini. Mereka menamakan diri Jama’atul-Muslimin. Muncul di Mesir dan diprakarsai Syukri Musthafa, seorang mahasiswa Fakultas Pertanian di Asyuth (universitas Asyuth)

 

Pemikiran pemikiran khawarij menghinggapai pikirannya setelah ia dihukum sekitar tahun 1385 H. Dia banyak mendapatkan paham ini ketika berada dalam tahanan, hingga sekita tahun 1391 H. Akhirnya jama’ahnya bertambah besar dan pemikirannya kian berkembang. Sikap mereka sangat berlebih lebihan, hingga tokoh tokoh mereka terbunuh setelah mereka menculik Dr. Muhammad Husain adz Dzahabi.

 

Saya tidak bermaksud menceritakan sejarah dan kejadiannya disini. Hanya saja yang terpenting bagi kita perlu mengetahui dasar, ciri ciri dan sikap mereka sebagai pengikut hawa nafsu (khawarij). Kita memohon keselamatan kepada Allah ta’ala :

 

Dasar pemikiran dan ciri ciri khawarij pada abad ini (jama’ah takfir wal hijrah) sebagai berikut :

Pertama : Mengkafirkan .Hal ini mencakup :

 

  • Mengkafirkan para pelaku dosa besar dan menganggap mereka keluar dari agama dan kekal selamanya didalam neraka sebagaimana pendapat Khawarij terdahulu.

 

  • Menganggap kafir siapa saja yang berbeda dengan mereka dari kalangan kaum muslimin (ulama atau yang lainnya) dan menjatuhkan vonis kafir ini secara mu’ayyan (terarah kepada individu tertentu)

 

  • Mengkafirkan siapa saja yang keluar dari jamaah mereka yang dahulu pernah bersama mereka atau orang yang berbeda dengan dasar mereka.

 

  • Mengkafirkan masyarakat muslimin (yang bukan bagian dari mereka) dan menghukuminya sebagai masyarakat jahiliyah

 

  • Menganggap kafir siapa saja yang tidak berhukum dengan hukum Allah secara mutlak dan tanpa perincian.

 

  • Mengkafirkan siapa saja yang tidak mau hijrah kepada mereka dan orang yang tidak mau memboikot masyarakat dan yayasan yayasan (organisasi organisasi)

 

  • Menganggap kafir secara mutlak orang yang tidak mengkafirkan orang kafir menurut mereka

 

Kedua : Kewajiban hijrah dan ‘Uzlah (menyendiri). Hal ini mencakup :

 

  • Meninggalkan masjid kaum muslimin dan tidak boleh shalat didalamnya walaupun harus meningalkan shalat jum’at

 

  • Tidak bergaul dengan masyarakat muslim yang ada disekitarnya secara mutlak

 

  • Tidak ikut belajar dan mengajar serta mengharamkan masuk universitas dan sekolah sekolah

 

  • Tidak membolehkan menjadi pegawai negri dan tidak boleh bekerja pada yayasan yayasana umum, serta mengharamkan bekerja di lingkungan yang mereka sebut sebagai masyarakat jahiliyyah, yaitu siapa saja yang bukan dari golongan mereka.

 

Ketiga : Mengajak Umat agar buta huruf dan memerangi pendidikan

Hal ini mereka serukan, karena Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam dan para sahabat beliau merupakan orang orang yang buta huruf kecuali sebagian kecil saja. Mereka beranggapan tidak mungkin seseorang menggabungkan antara mencari ilmu dunia dengan ibadah kepada Allah ta’ala , seperti shalat , puasa, haji , doa, zikir, membaca al Quran, berjihad dan berdakwah. Menurut mereka seorang muslim bisa mengetahui ilmu agama sekedar apa yang ia butuhkan, dengan hanya mendengarkan langsung tanpa harus belajar tulis baca terlebih dahulu dan berbagai bentuk syubhat lainnya.

 

Ke empat : Sikap diam dan klarifikasi (kaidah tabayyun)

 

Yang mereka maksudkan dalam hal ini yakni sama dengan maksud pendahulu mereka, yaitu Khawarij terdahulu, yaitu tawaquf (tidak menilai) terhadap seseorang yang masih belum jelas statusnya, apakah kelompok mereka atau bukan. Mereka tidak menghukumnya kafir dan tidak mengatakan ia muslim, kecuali setelah jelas jika ia dari kelompok mereka dan telah membaiat imam mereka. Setelah itu barulah seseorang tersebut menjadi seorang muslim. Bila tidak maka ia kafir.

 

Ke lima :

Mereka mengatakan tokoh mereka yaitu Syukri Musthafa sebagai Imam mahdi yang muncul di akhir jaman dan Allah akan memenangkan agama ini dengannya dari agama yang lain di muka bumi

 

Ke enam :

Mereka memiliki anggapan, jama’ah mereka merupakan jama’ah kaum muslimin, jama’ah akhir jaman yang akan membunuh Dajjal. Dan menurut mereka waktu munculnya dajjal serta turunnya Isa ‘alaihis salam sudah dekat

 

Ketujuh : Mereka mengatakan bahwa kewajiban syariat bisa saling berbenturan

Maksud mereka dari perkataan ini yaitu dibolehkan meninggalkan sebagian kewajiban ketika ada hal yang lebih besar yang tidak bisa kita lakukan , kecuali dengan meninggalkan syari’at tersebut. Mereka meninggalkan shalat jum’at, karena menganggap mereka dalam masa lemah padahal syart jumat ialah bila telah adanya kekuasaan sebagian kalangan mereka membolehkan mencukur jenggot dengan dalih jenggot akan mempersempit ruang gerak dan berbahaya bagi mereka.

 

Kedelapan : Dasar dasar dan ciri mereka lainnya :

  • Pendapat tentang adanya fase hukum. Yaitu mereka dibolehkan meninggalkan sebagian syariat seperti shalat jum’at dan shalat id, serta boleh melakukan sebagian yang diharamkan seperti menikah dengan wanita kafir, mencukur jenggot dan memakan sembelihan orang kafir karena mereka berangapan berada dalam fase lemah.

 

  • Membuat dasar syar’i baru yang berbeda dengan manhaj salaf. Mereka menolak ijma’, melarang taqlid dan ittiba secara mutlak, sehingga mereka meajibkan semua manusia untuk berijtihad.

  • Mereka tidak berpedoman kepada pemahaman para sahabat, ulama dan para imam dalam memahami al Quran dan Hadits

 

  • Mereka bersikap keras dan kasar dalam bergaul

 

  • Mereka merasa lebih berilmu,sombong dan merasa lebih istimewa dari kaum muslimin lainnya

 

  • Mereka menghalalkan darah dan menculik orang yang berbeda dengan mereka, bagi yang pernah bersama mereka dan menyebutnya sebagai murtad atau sebutan lainnya dari kalangan kaum muslimin. Aksi yang pernah mereka lakukan yaitu menculik dan membunuh syaikh Dr. Amuhammad Husain adz-Dzahabi, menculik sebagian orang yang telah keluar dari jama’ah mereka dan menghabisinya, persis seperti perbuatan kaum khawarij.

 

  • Dikalangan mereka cepat terjadi perpecahan permusuhan dan saling memakan diantara mereka sendiri

 

 

Kita memohon keselamatan kepada Allahu ta’ala….

 

disalin dari Majalah As Sunnah dengan penyesuaian edisi 03/TahunXI/1428/2007M, hal. 25 – 27


Aksi

Information

8 responses

20 03 2008
insyaflahsalafy

quote:
Dikalangan mereka cepat terjadi perpecahan permusuhan dan saling memakan diantara mereka sendiri

tanya:
Bagaimana dengan kelompok yang ustadz-ustdaznya pernah melakukan mubahalah di antara mereka sendiri ? Apa termasuk khawarij juga ?

Allahu ‘alam….

21 03 2008
insyaflahsalafy

quote:
Mereka merasa lebih berilmu,sombong dan merasa lebih istimewa dari kaum muslimin lainnya

tanya lagi:
Apakah sikap “hanya kami-lah satu-satunya yang berpegang pada manhaj salaf” bisa digolongkan ke dalam ciri-ciri khawarij juga ?

25 03 2008
insyaflahsalafy

halo ? kok belum dijawab juga ?

afwan,….sengaja saya tidak menampilkan komentar antum dikarenakan saya menghindari perdebatan di blog ini, juga karena keterbatasan waktu, akan saya balas via e-mail di lain waktu…insyaAllah….afwan jiddan….-barakallahu fiik-

4 04 2008
Ibn Abd Muis

Alhamdulillah, tidak ada satupun yang menjadi ciri dari kami? Kira-kira bagaimana dengan mereka ya?

21 04 2008
triaslama

Terima kasih untuk artikelnya. Semoga kita tidak termasuk golongan khawarij, amiinn.

6 05 2008
insyaflahikhwani

hehe…ahsan komentarnya orang ikhwani jangan ditanggapi, dihapus saja langsung akh…ente nanggapin mereka malah mereka senang gembira lho…
Barakallahu fiik

wafiika barakallah, jazakallah khoyr…

15 10 2008
angga

assalammualaikum, saya gak setuju dgn pak ikhwan, kalo ada yg bertanya/ksh komen ya dijawab/dikomentari kok malah disuruh dihapus, kayak gk ngerti adab ajah.

wa’alaykumussalam,….
afwan juga, sebenarnya masalahnya bukanlah antara bertanya dan menjawab, yang jadi masalah adalah ketika komentar yang ditulis menebarkan syubhat, dan mengajak kepada perdebatan yang menyebabkan hati keras dan mengakibatkan permusuhan… afwan jiddan..

11 10 2010
Siapakah Jama’ah Takfir wal Hijrah ?? « Learn something by Tomy gnt

[…] Siapakah Jama’ah Takfir wal Hijrah ?? […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: